Ini Profil Sohibul Iman, Wakil Ketua DPR Pengganti Anis Matta - PKS BATAM
Headlines News :
Home » , » Ini Profil Sohibul Iman, Wakil Ketua DPR Pengganti Anis Matta

Ini Profil Sohibul Iman, Wakil Ketua DPR Pengganti Anis Matta

Written By pks batam on Selasa, 12 Februari 2013 | 2:34 PM

PKS BATAM: FPKS DPR resmi menunjuk Mohamad Sohibul Iman sebagai Wakil Ketua DPR pengganti Anis Matta. Siapakah Kang Iman dan seperti apa sepak terjangnya?

Berdasarkan situs pribadinya, Sohibul Iman lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada tanggal 5 Oktober 1965. Iman sempat kuliah di IPB sampai semester 3 pada 1985-1987, namun kemudian menuntaskan pendidikan dari jenjang S1-S3 di Jepang setelah mendapat beasiswa.

Pada tahun 1992 dia mendapat gelar Bachelor of Engineering dari Waseda University, Tokyo. Pada tahun 1994 dia mendapat gelar Master of Engineering dari Takushoku University, Tokyo. Pada tahun 2004 dia mendapat gelar PhD dari Graduate School of Knowledge Science, Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST).

Iman terlibat dalam sejumlah organisasi seperti ISTECS (Institute for Science and Technology Studies), YPNF (Yayasan Pendidikan Nurul Fikri), HSF (Hokuriku Scientific Forum), MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia), YIT (Yayasan Inovasi Teknologi), dan lain-lain.

Selain itu dia juga terlibat dalam organisasi-organisasi profesi, seperti ISSS (International Society for System Sciences), JSSPRM (Japan Society for Science Policy and Research Management), IEEE (Institute of Electric and Electronics Engineers), dan lain-lain.

Setelah reformasi tahun 1998 silam, Iman bergabung dengan PK (Partai Keadilan). Jabatan pertamanya adalah Departemen Iptek-LH DPP PK. Sejak tahun 2005 hingga 2010 diamanahi sebagai Ketua DPP PKS bidang Ekuintek (Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Teknologi).

Iman memiliki pengalaman dalam beragam profesi dengan spesialisasi dalam bidang Kebijakan Teknologi dan Industri (aspek makro) dan Manajemen Inovasi dan Pengetahuan (aspek mikro). Lama bekerja pada lembaga teknologi pemerintah, perguruan tinggi, dan perusahaan konsultan. Pernah menjadi PNS di Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional) dan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) untuk kemudian mengundurkan diri.

Di dunia akademik dia juga sebagai dosen di beberapa perguruan tinggi, juga pernah menjabat sebagai rektor Universitas Paramadina, Jakarta. Iman juga pernah bekerja sebagai konsultan hak paten telah banyak menangani drafting, penelusuran, dan aplikasi hak paten dari berbagai perusahaan dalam negeri maupun luar negeri.

Periode 2009-2014 menjadi periode pertama Iman di DPR. Iman memiliki mimpi mewujudkan masyarakat madani yang adil yang tidak mungkin tercapai manakala para penyelenggara negara (pemangku otoritas) tidak memiliki moralitas yang baik.

Pada hari Selasa (12/2/2013), Iman dipercaya FPKS DPR menjadi Wakil Ketua DPR menggantikan Anis Matta. Anis Matta mundur dari DPR setelah diangkat menjadi Presiden PKS yang baru menggantikan Luthfi Hasan yang tersangkut kasus impor sapi. Anis akan berkosentrasi membenahi partai.
(van/nrl - detik.com)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS BATAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger