Fahri: KPK Tak Ahli Tangani Korupsi Sistemik - PKS BATAM
Headlines News :
Home » » Fahri: KPK Tak Ahli Tangani Korupsi Sistemik

Fahri: KPK Tak Ahli Tangani Korupsi Sistemik

Written By pks batam on Rabu, 19 Juni 2013 | 1:49 PM

PKS BATAM - Anggota Komisi III DPR Fahri Hamzah menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak ahli menangani kasus korupsi sistemik. Menurutnya, keahlian KPK hanya sebatas melakukan operasi tangkap tangan (OTT) yang notabene hanya kasus korupsi yang remeh-temeh.

"Evaluasi untuk KPK itu banyak sekali. KPK hanya tergantung pada OTT, tapi keahlian membaca korupsi sistemiknya kurang," kata Fahri di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Anggota Tim Pengawas (Timwas) bail out Bank Century ini menuturkan, seharusnya KPK dapat lebih peka mengendus dugaan atau kasus korupsi sistemik. Kasus korupsi itu dianggapnya lebih berbahaya dan dilakukan dengan trik-trik yang lebih canggih.

Fakri menjelaskan, korupsi sistemik menggunakan trik canggih karena memiliki kaitan antara jabatan dengan tindakan korupsi itu sendiri. Bahkan, ia menduga sangat mungkin korupsi itu dilakukan dengan cara mengubah undang-undang yang ada agar sulit terdeteksi.

"Kalau orang main suap, bawa-bawa uang cash, terus OTT kan itu rendah, kampungan," ujarnya.

Untuk diketahui, kritik pedas Fahri dilontarkan karena dirinya geram dengan KPK saat ini. Salah satu indikatornya adalah tidak adanya hasil signifikan yang diperoleh KPK atas kasus bail out Bank Century. Menurut Fahri, KPK edisi sebelumnya jauh lebih baik.


http://nasional.kompas.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS BATAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger