PKS: Rusuh Tanjung Gusta Diakibatkan Pemerintahan Zalim - PKS BATAM
Headlines News :
Home » » PKS: Rusuh Tanjung Gusta Diakibatkan Pemerintahan Zalim

PKS: Rusuh Tanjung Gusta Diakibatkan Pemerintahan Zalim

Written By pks batam on Jumat, 12 Juli 2013 | 2:38 PM

PKS BATAM - Berbagai spekulasi muncul di balik kericuhan di Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, kemarin (Kamis, 11/7). Ada indikasi bahwa kerusuhan itu adalah ledakan akumulasi kekecewaan dan kebencian penghuni Lapas terhadap Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Ini akumulasi kekecewaan dan kebencian napi karena Kemenkumham sudah menjadi kementerian yang zalim," tegas anggota Komisi III, Nasir Jamil, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (12/7).

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini melanjutkan, ada narapidana  yang seharusnya sudah bebas dari hukuman namun terpaksa tetap mendekam karena Peraturan Pemerintah (PP) 99/2012 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga binaan lembaga pemasyarakatan. PP ini tidak memberikan hak remisi atau pembebasan bersyarat kepada napi korupsi, narkoba dan terorisme.

Menurut Nasir,  pemidanaan tidak boleh dimaksud untuk menderitakan dan merendahkan harkat dan martabat manusia. PP 99/2012, tegasnya, telah melanggar hak asasi manusia.

"Kemenkumham perlu mengevaluasi dan mengusulkan kepada pemerintah agar mencabut PP itu. Jangan sampai kalau sudah meluas di seluruh Lapas, baru dicabut PP tersebut," tegasnya.

Kalau tujuan pemerintah adalah memberikan efek jera bagi penghuni Lapas, Nasir sepakat. Namun, dia mengingatkan agar pemerintah tetap mengacu pada konstitusi. Hak asasi manusia penghuni Lapas seharusnya tetap dijaga.

"Sebenarnya Komisi III DPR  sudah berulangkali mengingatkan agar narapidana yang sudah saatnya mendapatkan hak-haknya jangan lagi dikebiri dengan berbagai alasan," demikian Nasir. [ald]


http://polhukam.rmol.co
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS BATAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger