Tunggak Listrik Rp 1 M, PKS Usul Keuangan Lapas Diaudit - PKS BATAM
Headlines News :
Home » » Tunggak Listrik Rp 1 M, PKS Usul Keuangan Lapas Diaudit

Tunggak Listrik Rp 1 M, PKS Usul Keuangan Lapas Diaudit

Written By pks batam on Kamis, 18 Juli 2013 | 2:05 PM

PKS BATAM - Aboebakar Al-Habsyi, anggota Komisi III DPR menilai, ada miss management di Lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara.

Sebab, menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), anggaran Rp 7 triliun lebih untuk Kementerian Hukum dan HAM, dialokasikan dalam APBN. Harusnya, dana itu bisa dikelola dengan baik, termasuk untuk membayar beban listrik dan air di lapas.

"Soal tunggakan listrik, sepertinya ada miss management di lapas. Anggaran lebih dari Rp 7 triliun untuk Kemenkum-HAM seharusnya dapat dikelola dengan baik," ujarnya saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Jakarta, Kamis (18/7/2013).

"Jangan sampai, persoalan seteknis pembayaran listrik harus dibahas di DPR, atau menjadi bahan evaluasi presiden," sindirnya.

Karena itu, lanjut Aboebakar Al-Habsyi, harus dilakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap keberadaan lapas saat ini, baik dari segi tata kelola maupun manajemen finansialnya.

Untuk persoalan ini, langkah pertama yang bisa diambil adalah melakukan audit keuangan, sehingga bisa diketahui di mana persoalan yang terjadi, sehingga listrik lapas bisa tak terbayar hingga sedemikian lama.

Di sisi lain, sidak yang dilakukan Wakil Menteri Hukum dan HAM Deny Indrayana, sebaiknya jangan hanya menginvestigasi napi. Sehingga, image yang dibangun bahwa persoalan lapas hanya napi-napi yang nakal.

"Sidak yang dilakukan harus juga memastikan bahwa lapas menerapkan tata kelola yang baik dan benar, termasuk dalam pengelolaan keuangan," usulnya.

Sebelumnya, Kepala Lapas Tanjung Gusta Medan menyatakan, pihaknya setahun terakhir kesulitan membayar tagihan air dan listrik, karena keterbatasan dana. Tunggakan air dan listrik Lapas lebih Rp 1 miliar. (*tribunnews.com)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKS BATAM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger